Tips Membeli Motuba Mobil Tua Bangka

Daihatsu Charade g10 1982
Jangan beli mobil tua, banyak rusaknya, benerin mesin, bodi, kaki-kaki bla bla bla,,,Mungkin sekarang anda sedang bingung untuk membeli kendaraan roda empat tua bangka yang murah namun takut mobil rewel, banyak perbaikan, memalukan di jalan dan lain-lain. Memang agak susah untuk memilah dan memilih motuba ini, jangankan untuk memilih unit, untuk memilih tipe mobil apa yang harus kita pinang saja harus melakukan riset yang cukup panjang. Kecuali memang motuba tersebut untuk hobi dan uang bukan masalahya. Namun tak bisa dipungkiri, kebanyakan dari kita membeli motuba karena ingin punya mobil namun uang tidak cukup untuk membeli mobil baru atau takut untuk bayar cicilan setiap bulannya bila membeli secara kredit lewat leasing. Seperti yang saya rasakan selama ini. Pada akhirnya kita tetap harus memilih dan saya mantabkan untuk membeli motuba apapun nanti resikonya.  Namun dengan banyaknya kemungkinan resiko yang akan terjadi, kita dapat meminimalisir resiko tersebut dan memelihara motuba tidak seseram yang orang-orang bilang namun juga tak seindah yang kita harapkan. Berdasarkan apa yang saya alami berikut semoga bisa membuat anda lebih mantab untuk membeli motuba. Mungkin ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli motuba .

Tanya Pada Diri Sendiri ?
Apa niat kita untuk membeli motuba? Apakah untuk hobi, untuk keperluan harian, untuk belajar nyetir, untuk istri nganter anak-anak kesekolah, untuk pajangan dan keluar saat hari libur saja atau tidak setiap hari, atau kita ingin motuba bisa mengakomodir semua yang tersebut tadi ?  Tentu bisa tergantung pada diri kita sendiri, asal berani ngoprek dan kalau butuh uang selalu ada motuba akan nyaman dikendarai. Sebagai contoh apabila kita ingin membeli motuba untuk menyalurkan hobi, mungkin yang perlu diperhatikan adalah dari keorisinilan dan fungsi, mulai dari cat, kelengkapan acesoris, interior, panel-panel, dan part-part utama atau yang menunjang dari mobil tersebut. Semakin lengkap dan orisinil suatu barang maka akan semakin mahal harganya. Agak berbeda jika kita ingin membeli motuba untuk dipakai sehari-hari, kita fokuskan perhatian pada fungsi-fungsi mobil tersebut, seperti mesin, bodi, dan kaki-kaki harus bekerja secara normal apalagi bisa menemukan dengan kondisi yang baik. Untuk masalah acesoris bisa kita nomer duakan, sejalannya waktu acesoris bisa kita cari sendiri, dan kerusakan-kerusakan ringan bisa kita atasi sendiri, seperti wiper, engkol jendela, lampu-lampu, itu bisa dikerjakan sendiri. Yang agak susah adalah saat kita membeli motuba untuk dipakai istri, jadi kondisi harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai pas dipakai mobil mogok dijalan.
Interior daihatsu charade
Cari Informasi
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil apa yang akan dibeli. Buatlah list nama-nama mobil tua yang sekiranya kita berminat. Cari mobil yang populasinya masih banyak saja. Kalau uang kita pas-pasan cari konstruksi mobil yang mudah dimengerti saja, serba manual tidak masalah, saat terjadi kerusakan biaya untuk perbaikan bisa kita tekan seminimal mungkin. Untuk mencari informasi bisa mencari digoogle, miling-miling list, fb, dll. Cari informasi tentang populasi motuba yang kita incar apakah masih banyak, kalau populasi motuba semakin sedikit akan semakin sulit dalam mencari sperpart. Cari informasi apakah ketersediaan sperpart masih mudah ditemukan, informasi ini dapat kita dapatkan dari review teman yang telah memakai mobil yang kita incar, langsung tanya ke bengkel-bengkel, atau bisa dengan mengikuti grub-grub mobil tua di fb. Di dalam grub fb kita bisa mencari banyak informasi sebagai contoh, apabila ada yang bertanya tentang sperpart kita lihat pada komen-komennya, apakah banyak yang memberikan review toko-toko atau jual online, dari situ bisa kita simpulkan apakah ketersediaan sperpart masih mudah ditemukan. Kita lihat juga kesolidan dari grub tersebut, apabila ada trouble apa respon anggota grub cepat, hal ini dimaksudkan apabila kita sudah membeli motuba dan masuk ke komunitas jikalau ada trouble akan ada yang membantu, seperti untuk menanyakan masalah mobil, sperpart bahkan mogok di jalan.

Kesimpulan
Setelah kita melakukan hal-hal diatas diharapkan sudah mempunyai pandangan yang jelas tentang motuba apa yang akan kita pelihara. Setidaknya apabila ada 5 list mobil yang kita buat sekarang sudah mengerucut menjadi 2 mobil saja, bahkan sudah mantab bahwa akan mengambil mobil A umpamanya. Selanjutnya adalah apa yang perlu diperiksa saat membeli motuba. Memang benar peribahasa ada uang ada barang, sebagus bagus mobil kata penjual saat kita pakai belom sampai 1 bulan kemungkinan ada kerusakan bisa saja terjadi, dan sejelek-jelek mobil yang kita ambil kalau kita telaten akan ketemu juga selahnya. Jadi jangan takut untuk memlihara motuba, karena banyak sodara-sodara kita dijalanan.

Related Posts:

0 Response to "Tips Membeli Motuba Mobil Tua Bangka"

Post a Comment