Pesona Pulau Untung Jawa

Pulau untung jawa, salah satu kelurahan yang berada di wilayah adminstrasi kepulauan seribu. Destinasi wisata yang perlu dikunjungi pada akhir pekan. Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota, bisa ditempuh dari marina ancol dan paling sering digunakan wisatawan adalah lewat tanjung pasir, Tangerang. Dari tanjung pasir naik kapal yang memang dikhusukan untuk meyeberang ke untung jawa, dan jangan lupa tawar dulu ongkos kapalnya,disini kita akan dimintai ongkos untuk PP, jadi saat pulang kita tidak bayar lagi dan bebas untuk naik kapal mana saja. Lama perjalanan di kapal kurang lebih 1 jam. Jadi cukup membosankan, namun di tengah perjalanan kita bisa lihat nelayan mancing, burung dan jika beruntung bisa liat ubur-ubur saat awal perjalanan dari tanjung pasir.
Banyak yang bisa kita lakukan disini. Ragam permainan air cukup lengkap. Tentu harganya lebih murah kalau ambil sepaket. Apalagi datang rame-rame, pasti dikasih harga termurah. Namun jika datang berdua jangan segan untuk menawar.
Sesampainya di untung jawa, kita akan disuguhkan pemandangan banana boat yang lalu lalang membawa penumpangnya untuk dijatuhkan. Untuk menikmati permainan ini tidak usah repot-repot mencari dimana penyewanya karena baru turun dari kapal saja, sudah banyak yang menawarkan dari harga yang biasa sampai yang mahal, jadi harus pintar-pintar milih dan nawarnya. Untuk snorkling kita akan dibawa ke pulau rambut yang berada di kiri untung jawa, walaupun karangnya hanya bebatuan dan biota lautnya juga sedikit namun cukup memuaskan untuk snorkling dengan harga murah dan dekat dengan jakarta. Selama snorkling kita akan ditemani oleh guide, jadi jangan ragu untuk mencoba permainan ini.
Bagi yang ingin bersantai, banyak spot yang viewnya keren dan cukup tenang dari keramaian. Setelah masuk gerbang selamat datang, ada pertigaan ambil arah kanan, ikuti jalan sampai bertemu dengan sekolah sd, smp dan sma, di daerah ini cukup jauh dari keramaian. Siapkan kamera dan bisa explore sampai ke hutan mangrove. Jangan lupa bawa bekal karena jarang warung disini, bawa tikar juga kalau lelah jalan bisa santai sejenak. Disini kita akan merasakan kesunyian, hanya suara burung dan deburan ombak yang menemani setiap langkah kaki sampai merasa tak sanggup lagi untuk melangkah.
Untuk penghobi camping, ada spot yang sudah disediakan. Untuk mekanisme perijinannya saya kurang mengerti. Lokasinya setelah gerbang masuk kita belok kiri, lurus terus sampai ketemu sanggar budaya, disitu ada gerbangnya. Lokasinya cukup bagus dengan pohon yang rindang dan langsung berhadapan dengan laut. Saat masuk gerbang camping ground, banyak ibu-ibu yang menawarkan makanan dan juga penginapan, bisa nginap semalam atau hanya ingin beristirahat saja, dan tentu jangan lupa untuk menawarnya.
Nah cukup menarik bukan, kita bisa melepas kebosanan setelah seminggu berseteru dengan polusi, macet, kerjaan, dll. Untuk parkir di tanjung pasir tidak usah khawatir, tersedia parkir yang luas dan selama ini aman. Apabila ingin membeli sesuatu pastikan dulu tanya harganya meskipun hanya beli air mineral. Jangan lupa juga buang sampah pada tempatnya, kalau tidak ada kita bawa dulu. Mari kita jaga tempat wisata kita untuk hari ini, esok, dan masa yang akan datang.
Untuk rute dari BSD bisa lihat di sini

Kunjungi juga wisata gunung bogor Pesona Gunung Munara

Related Posts:

0 Response to "Pesona Pulau Untung Jawa"

Post a Comment